Minggu, 03 Januari 2016

DOKRIM (Dorayaki Krim) Varian Rasa

Selamat Datang di blog kami.
Kami dari kelompok 4 dengan anggota:

Bangkit Arohman           D1A214007
Erma Monika                 D1A214018
Marsel K. Liwin             D1A214080
Mualimah                       D1A214236
M. Rizki                         D1A214038
Sery Shofia Gina            D1A214058
Nor Kemilayanti            D1A214044
Sukma Fahreza              D1A214255
Tigor Indranata              D1A214097

assingin membahas BUSINESS PLAN untuk tugas KEWIRAUSAHAAN, dengan produk yang akan kami bawa adalah 'DOKRIM ( Dorayaki Krim)' dengan varian rasa yang beracam-macam pula. 

      Dorayaki yang kita tau adalah makanan tradisional yang berasal dari Negri Matahari Terbit (jepang) adalah salah satu makanan yang juga dipopulerkan oleh kartun Doraemon, membuat makanan / kue ini menjadi terkenal diseluruh penjuru dunia. dengan bahan yang sederhana, enak dan harga terjangkau membuat makanan ini menjadi favorit semua kalangan. Sekarang kami ingin melanjutkan bisnis ini, dengan sedikit memodifikasi, , karena yang kami lihat Doraki itu sendiri memiliki rasa yang selalu sama dan tidak berubah, maka dari itu kami ingin membuat sesuatu yang baru dari Dorayaki yaitu dengan penambahan berbagai rasa dan juga penambahan Krim diatas dorayak.
   Karena kami belum membuat produk untuk Business Plan ini dan baru kami rencanakan sehingga kami belum bisa memberikan contoh produknya seperti apa, tapi pasti kami akan membuat produk tersebut.     

Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.    Strength (kekuatan)
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha ‘Dorayaki’ ini yaitu penjualan yang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai rasa yang berbeda serta harga yang cukup terjangkau, dan ada juga tambahan krim diatasnya.
2.    Weakness (kelemahan)
Produknya mudah ditiru, sehingga pesaing bisa bertambah lebih banyak lagi, Pelanggan yang tidak tetap yang setiap tahunnya selalu berganti dan masih belum dikenal dikalangan masyarakat awam tentang Produk baru DOKRIM ini.
3.    Oppurtinity (peluang)
Selain rasanya yang enak yang mempunyai varian rasa yang berbeda-beda, dan topping Krim Diatasnya, dan harganya yang ekonomis sehingga banyak masyarakat yang berminat memesan Dorayaki ini.
4.    Threath (ancaman)
-          Banyaknya Saingan yang namanya sudah lebih melambung.
-      Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah.
-          Perubahan selera konsumen.

-          Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.

Sekarang kami akan menampilkan keuangan dalam bisnis ini seberapa banyak untuk keseluruhan biaya Produksi DOKRIM ini dan target profit yang kami dapatkan : 

Biaya Produksi
a.       Bahan baku
·         Tepung 1 kg                            Rp 7.000
·         Telur 1 kg                                Rp 18.000
·         Mentega ¼                              Rp 3.500
·         Garam 1 bungkus                    Rp 2.000
·         Gula 1kg                                 Rp 12.000
·         Susu cair (indomilk) 1 kotak    Rp 13.000
·         Parnipan  1ons                         Rp 3.000

b.      Bahan Penolong
·         Coklat batang                          Rp 20.000
·         Keju batang                             Rp 17.000
·         Selai varian                              Rp 16.000
·         Susu kental manis                    Rp. 16.000
·         Gula halus                               Rp. 12.000
·         Mentega tawar                        Rp. 5.000

c.       Perlengkapan
·         Gas 3kg                                  Rp. 22.000
·         Kotak snack 50 lembar           Rp. 20.000
·         Piring 1 lusin                            Rp. 25.000
·         Alat Pencetak bentuk kue        Rp. 75.000
·         Kompor gas                            Rp. 190.000
·         Selang gas                               Rp. 85.000
·         Karpet                                    Rp. 70.000
·         Kertas roti                               Rp. 15.000
                      Total modal awal  =                Rp. 646.500
Pengeluaran bahan perbulan

·         Tepung            (7.000x30= Rp. 210.000/bulan)
·         Telur                (18.000x30= Rp. 540.000/bulan)
·         Gula                (12.000x30= Rp. 360.000/bulan)
·         Susu cair          (13.000x30= Rp.390.000/bulan)
·         Coklat batang(20.000x3 = Rp.60.000/bulan)
·         Keju batang     (17.000x3 = Rp. 51.000/bulan)
·         Selai varian      (16.000x3 = Rp. 48.000/bulan)
·         Kotak snack    (20.000x2 = Rp. 40.000/bulan)
·         Gas                  (22.000x2= Rp. 44.000/bulan)
·         Plastik/kresek  (2.500x3 = Rp. 7.500/bulan)
·         Mentega          (3.500x2 = Rp. 7.000/bulan)
·         Garam             (2.000x2 = Rp. 4.000/bulan)
·         Mentega tawar (5.000x5 = Rp. 25.000/bulan)
·         Gula halus       (12.000x5 = Rp. 60.000/bulan)
·         Susu kental manis (8.000x5 = Rp. 40.000/bulan)

                 Total pengeluaran perbulan                 Rp. 1.886.500

                        Target penjualan perhari 25 (adonan) x 7.000 ( harga satuan) = Rp. 175.000/hari
Keuntungan kotor/ laba kotor perbulan Rp. 175.000 x 30 = Rp. 5.250.000/bulan
Keuntungan bersih/ laba bersih perbulan Rp. 5.250.000 (laba kotor) - Rp. 1.886.500 (pengeluaran perbulan) – Rp. 500.000 (sewa tempat) – Rp.646.500 (modal awal) = Rp.2.217.500
Jadi laba bersih yang kami peroleh selama 1 bulan adalah Rp.2.217.500

   Sekian blog dari kami tentang BUSINESS PLAN untuk tugas kuliah Kewirausahaan, salah khilaf kami minta maaf, Terima Kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar